Sir Isaac Newton

9 10 2008
“If I have been able to see further, it was only because I stood on the shoulders of giants.” (Isaac Newton)
Scientist and Mathematician, 1642 – 1727
(Jika aku bisa melihat lebih jauh, itu hanya karena aku berdiri di bahu seorang raksasa.)
Ilmuwan dan Matematikawan, 1642 – 1727 

Isaac Newton lahir tanggal 25 Desember 1642 (berdasarkan kalender Julian; atau 4 Januari 1643 berdasarkan kalendar Masehi saat ini) di Woolsthorpe, dekat Grantham di Lincolnshire, Inggris. Ia lahir bersamaan dengan wafatnya Galileo. Newton adalah ilmuwan yang sangat berpengaruh yang pernah ada. Pencapaiiannya dalam bidang matematika, optik dan fisika dijadika dasar ilmu modern dan merubah dunia.

Newton belajar di Trinity College, Cambridge dimana ia tinggal dari tahun 1661 dampai 1696. Selama periode ini, ia menghasilkan bagian terbesar dari pekerjaannya di bidang matematika. Pada tahun 1696 dia ditunjuk menjadi Master of the Royal Mint, dan dipindahkan ke London, dimana ia tinggal hingga ia wafat.

Sebagai matematikawab, Newton menemukan kalkulus integral dan bersama Leibnitz, menghasilkan kalkulus diferensial. Dia juga menciptakan rumus untuk menghitung kecepatan suara dalam gas yang kemudian diperbaiki oleh Laplace.

Newton membuat dampak yang luas pada teori astronomi. Dia mendefinisikan hukum gerak dan gravitasi universal yang digunakannya untuk memprediksi secara tepat pergerakan bintang dan planet-planet sekitar matahari. Mempergunakan temuannya di bidang optik, Newton merancang teleskop pertama.

Newton menemukan sains adalah sebuah fakta dan hukum yang bercampur campur, dapat menjelaskan beberapa fenomena tapi memprediksi hanya segelintir. Dia kemudian menjadikannya sistem hukum yang menyatu yang dapat diaplikasikan ke sebuah skala fenomena fisika yang sangat luas, dan dapat dipakai untuk membuat prediksi-prediksi pasti. Newton menuliskan karyanya dapat dua buku berjudul “Opticks” dan “Principia.”

Newton wafat di London 20 Maret 1727 dan dimakamkan di Westminster Abbey, ilmuwan pertama yang diberi kehormatan ini. Sebuah review di sebuah ensiklopedi sains akan mengungkapkan setidaknya 2 atau 3 kali lebih mengacu pada Newton dibanding ilmuwan lainnya. Sebuah puisi abad 18an yang ditulis oleh Alexander Pope mengenai Sir Isaac Newton menuliskan:

“Nature and Nature’s laws lay hid in night:
God said, Let Newton be! and all was light.”

[Alam dan hukum alam tersembunyi dalam malam: Tuhan berkata, berikan pada Newton dan semua menjadi bercahaya]

Wallâhu a’lam

source: www.lucidcafe.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: