Semangat Laskar Pelangi

13 10 2008

Hmm..udah nonton film Laskar Pelangi belum? Atau minimal baca novelnya deh. Gimana pendapat temen-temen? Mmm, sejujurnya saya tidak mengharapkan jawaban “rame”. Kenapa? Karena itu hanya pendapat biasa. Lalu yang luar biasa apa dong jawabannya? Saya ingin jawaban mengenai semangat dari novel itu.

Laskar Pelangi (LP) memuat pesan moral bahwa yang miskinpun berhak mendapat pendidikan, selain itu belajar untuk melihat sesuatu dari kacamata positif. Semangat belajar. Itu pesan yang ingin sa tekankan dalam tulisan ini. Ya, semangat belajar. Mereka tak peduli sekolah mereka dah ampir ambruk. Mereka ga peduli apakah guru mereka banyak atau sedikit. Tak juga peduli apakah mereka memiliki buku atau tidak. Tapi semangat mereka belajar dapat menutupi kekurangan itu.

Murahnya biaya tak jadi alasan untuk bermalas-malasan. Tak lantas berkata, “Serasa kurang perjuangannya.” Hanya orang-orang yang tak bersyukur yang mengatakan itu [maaf kalo terkesan kasar]. Ya, memang bagi sebagian orang itu benar, tapi bukan dan tak pantas dijadikan pembenaran untuk menyia-nyiakan kesempatan dari Allâh.

Saya hanya ingin mengatakan, meski dari segi bangunan kampus kita ga bagus, meski dari segi biaya sangat murah dan dari segi reputasi pun kalah jauh, tapi kita memiliki dosen-dosen berkualitas dan tentunya mahasiswa yang juga berkualitas. Tantangan jangan dijadikan alasan untuk menyia-nyiakan kampus kita, menyia-nyiakan kesempatan dari Allâh. Padahal masih banyak di luar sana yang untuk sekolah saja di bawah jembatan [seperti di Depok] dan bahkan tak mampu untuk kuliah. Kampus kita butuh bantuan, ingat banyaklah memberi bukan menerima. Jadi bersemangatlah kuliah. Seperti semangat para anggota Laskar Pelangi dalam menuntut ilmu.

Wallâhu a’lam bishshawwâb


Aksi

Information

3 responses

14 10 2008
yudha herbaputra

Laskar pelangi…sepertinya wajib nonton tuh mahasiswa Inten🙂..Semangatnya bener2 subhanallah. Mengingatkan saya pada kampus kita, yg masih ‘sangat jauh lebih baik. Satu hal yg buat saya mikir : tentang tokoh Lintang : sang jenius didikan alam..Pejuang sejati yg tak pernah menyerah, tapi tetap yakin pada takdir. Ada komentar lain??

15 10 2008
komal

ia nehhh…kita nonton bareng2 yuk….plus kalo yang punya istri dan anak bawa sekalian..hehe…supaya semangatnya ngga sendiri2
hari senin sampe jumat ada NoMat tuh di berbagai bioskop kesyangan anda……

18 11 2008
Ikal

Bermimpilah, kelak mimpimu akan terwujud!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: